Jumat, 03 April 2009

Bahaya Kemasan Pembungkus


Kadang saya sempat berpikir, kenapa orang-orang masih menggunakan pembungkus yang berbahaya seperti styrofoam dan kertas koran. Apakah mereka itu tidak mengetahui akan bahaya dari kemasan tersebut? Berikut ini akan saya beri informasi tentang bahaya dari styrofoam dan kertas koran jika digunakan sebagai kemasan pembungkus makanan. Semoga dengan informasi ini, kita tidak lagi menggunakan itu sebagai pembungkus.

Styrofoam atau Polistirena

Styrofoam yang dibuat dari kopolimer stiren, mampu mencegah kebocoran dan tetap mempertahankan bentuknya saat dipegang. Styrofoam mampu mempertahankan panas dan dingin, mampu mempertahankan kesegaran dan keutuhan bahan yang dikemas, dan juga biayanya murah, serta ringan.

Pada Juli 2001, Divisi Keamanan Pangan Pemerintah Jepang mengungkapkan bahwa residu styrofoam dalam makanan sangat berbahaya. Residu itu dapat menyebabkan endocrine disrupter (EDC), yaitu suatu penyakit yang terjadi akibat adanya gangguan pada sistem endokrinologi dan reproduksi manusia akibat bahan kimia karsinogen dalam makanan. Secara tidak langsung kalau kita sering menggunakan styrofoam ini bisa menyebabkan kanker.

Tips

Jika kita membeli makanan, maka jangan menggunakan styrofoam sebagai pembungkusnya. Hindari pula makan pop mie, karena itu menggunakan bahan styrofoam.

Koran

Kertas koran dan majalah yang sering digunakan untuk membungkus makanan, terdeteksi mengandung timbal (Pb) melebihi batas yang ditentukan. Di dalam tubuh manusia , timbal masuk melalui saluran pernapasan kita.

Keracunan timbal pada orang dewasa ditandai dengan gejala pucat, sakit, dan lumpuh. Keracunan bisa bersifat kronis dan akut. Tahukah Anda bahwa bahan yang panas dan berlemak yang diletakkan pada koran tsb mempermudah berpindahnya timbale ke makanan tsb.

Tips

Lebih baik gorengan tersebut ditaruh di piring. Atau bila kita membelinya di pinggir jalan, langsung kita ambil pakai tangan dan tidak perlu dibungkus koran. Tapi ya nunggu gorengannya hangat dulu ya... jangan panas-panas langsung comot.

1 komentar:

Atas Berkat Rahmat Alloh Yang Maha Kuasa
I Love Indonesia